Welcome to My Blog

Jumat, 27 April 2012

Ada Baiknya Anda Menangis


wanita menangis (inmagine)


Air mata yang dikeluarkan melalui tangisan bisa bermanfaat untuk Anda.


VIVAnews- Tak selamanya menangis dengan mengeluarkan air mata identik dengan kesan cengeng. Menitikkan air mata ternyata tak hanya sekedar sebagai ungkapan emosi dan perasaan. Tangisan bisa sebagai pertanda Anda sedang bahagia atau sedih.

Namun, sesungguhnya, tak perlu malu dan tak perlu menahan keluarnya air mata. Sebab, tak hanya sekedar menenangkan hati, menangis juga memiliki manfaat sebagai terapi.

Seorang psikolog seperti dikutip laman Times of India, Minggu, 22 April 2012 merekomendasikan bahwa orang harus menangis ketika mereka merasa ingin menangis. Jangan pernah berusaha menghindar dan menahan keluarnya air mata, karena menangis bermanfaat untuk Anda. Apa saja manfaatnya:

Menangis bisa membersihkan mata

Alasan yang paling penting, mengapa menangis itu perlu. Air mata yang keluar saat menangis bisa membuat mata lebih segar. Air mata melumasi bola mata dan kelopak mata dan juga mencegah dehidrasi pada membran mukosa.

Air mata membunuh bakteri

Air mata bekerja sebagai agen anti-bakteri dan anti-virus, melawan kuman. Apalagi saat Anda tengah berada di pusat perbelanjaan dan semua tempat yang menjadi sarang kuman. Air mata mengandung lisozim, cairan, yang dapat membunuh 90 sampai 95 persen dari semua bakteri hanya dalam 5-10 menit.

Air mata memperbaiki suasana hati
Hal ini diyakini bahwa menangis dapat menurunkan tingkat emosi seseorang. Air mata yang tidak dikeluarkan justru bisa menimbulkan kecemasan, kegelisahan, lekas marah, kelelahan, agresi, gangguan emosional, dan seluruh perasaan yang hidup dalam diri Anda.

Air mata menurunkan stres

Sama seperti berolahraga, air mata bisa membantu meringankan stres. Air mata membantu menghilangkan beberapa bahan kimia yang dibangun dalam tubuh akibat stres, seperti enkephalin leusin dan prolaktin. Air mata bisa menekan tingkat stres, dan seperti diketahui jika stres lama bersarang dalam diri seseorang, bisa berkontribusi memperparah penyakit seperti tekanan darah tinggi, masalah jantung, dan tukak lambung.

Air mata membebaskan perasaan

Menangis adalah terapeutik, bisa menurunkan kecemasan dan frustrasi. Menangis bisa membersihkan semua pikiran Anda dan dianggap sangat sehat juga mampu menciptakan perasaan lebih santai. Jadi, biarkan perasaan sedih dan tertekan diluapkan dengan tangisan.



Lutfi Dwi Puji Astuti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar