Welcome to My Blog

Selasa, 13 Maret 2012

Tips Psikotest Menggambar Pohon


Bookmark and Share
Tes psikologis "Baum Test" atau yang lebih dikenal sebagai "Test Menggambar Pohon" adalah sebuah tes psikologi yang dikembangkan oleh Karl Koch. Dalam tes psikologis, Anda sebagai peserta tes diminta untuk menggambar sebuah pohon lengkap. Perintahnya dapat bervariasi. Biasanya Anda diminta untuk menggambar pohon dikotil.

Fungsi dari tes ini adalah untuk menilai karakter dan kepribadian seseorang. Seorang psikolog dapat melihat karakter kepribadian Anda dari bentuk gambar, kelengkapan gambar, kerapian, cara menggambar, dan aspek lainnya.

Beberapa Tips Psikotes dalam menggambar pohon;

1. Jagalah kertas Anda dalam keadaan rapi dan bersih.

Menjaga kertas dalam keadaan rapi dan bersih sangat diperlukan untuk menunjukkan bahwa Anda orang yang rapi dan teratur. Jangan terlalu sering menghapus.

2. Gambarlah bagian per bagian dengan lengkap

Gambarlah bagian per bagian dengan lengkap, mulai dari akar, batang, sampai mahkota atau daun.

3. Perhatikan proporsi

Perhatikan proporsi gambar, akar, batang, dan mahkota, jangan buat mahkota yang terlalu besar atau terlalu kecil. Sebaiknya Anda banyak memerhatikan pohon supaya dapat memperkirakan proporsi yang sesuai.

4. Perhatikan penempatan pohon

Usahakan pohon ditempatkan di tengah dan cukup untuk satu ukuran kertas. Pohon yang terlalu kecil menunjukkan bahwa Anda kurangnya kepercayaan diri, sementara pohon-pohon yang terlalu besar menunjukkan bahwa orang tersebut sangat dominan.

5. Ketika membuat garis, jangan terlalu lemah atau terlalu tegas

Jika garis terlalu lemah, hal tersebut menunjukkan bahwa Anda orang itu tidak punya pendirian, sedangkan garis terlalu tegas menunjukkan bahwa Anda terlalu kaku dan tidak mau menuruti peraturan.

6. Buat akar lengkap dengan serat-seratnya

Serat-serat akar sangat diperlukan karena tidak mungkin sebatang pohon hanya memiliki satu akar tunggang tanpa serat. Tapi tetap perhatikan waktu karena waktu yang dialokasikan pengawas biasanya hanya 10 menit.

7. Jangan membuat batang yang terpotong

Batang yang terpotong bahwa kita memiliki masalah yang tidak dapat diselesaikan sehingga membuat kita depresi dan terpuruk.

8. Cobalah untuk membuat batang paralel

Batang yang bergelembung menunjukkan bahwa ada pertumbuhan yang terhambat. Dengan demikian, usahakan membuat batang yang paralel (atau bisa juga semakin ke atas agak semakin kecil).

9. Buat cabang dan akar yang tertutup, tidak terbuka

Cabang yang terbuka menunjukkan ada sesuatu yang salah dengan kepribadian maupun kehidupan sosial kita.

10. Buat mahkota yang proporsional

Cobalah untuk membuat detail daun satu per satu karena hal itu menunjukkan bahwa Anda benar-benar teliti. Pengalaman saya menunjukkan bahwa untuk menggambar mahkota penuh dengan daun yang detail, dibutuhkan waktu sekitar 5 menit. Oleh karena itu alokasikan waktu sekitar 6 menit untuk menggambar daun.

11. Buatlah gambar dengan buah yang tidak terlalu banyak

Buah yang terlalu banyak menunjukkan bahwa Anda ingin cepat mendapatkan hasil tanpa usaha.

12. Jika masih ada cukup waktu, cobalah menggambar lingkungan

Lingkungan yang saya maksud misalnya, burung, rumput, kucing, kelinci, manusia. Ini menunjukkan bahwa Anda pecinta lingkungan dan Anda dapat menentukan proporsi ideal antara tinggi dari berbagai aspek. Namun jika waktu tidak cukup, lebih baik untuk tidak menggambarnya.

13. Jangan lupa untuk menggambar bayangan pada tanah

Catatan:Gambarlah sebuah pohon dikotil yang berbuah, jangan menggambar:

a. rumputan
b. perdu
c. pohon monokotil
d. pohon pisang