Welcome to My Blog

Minggu, 13 Mei 2012

Tafsir Surat Al-Fatihah


TAFSIR
SURAT AL-FATIHAH

Pendahuluan.
Dinamakan Al-Fatihah yang berarti pembuka, karena surat ini ditulis sebagai pembukaan Al-Qur’an, walaupun surat ini bukan yang pertama diturunkan. Selain nama Al-Fatihah, surat ini memiliki banyak julukan, diantaranya adalah Ummul kitab (induk Al-Qur’an) yang banyak dipakai orang untuk menyebutnya.

Diturunkan di kota Makkah sebelum Hijrah, sehingga kemudian disebut surat Makkiyyah. Lebih jelasnya, surat Makkiyah adalah surat Al-Qur’an yang diturunkan pada Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam sebelum beliau berhijrah ke Al-Madinah Al-Munawwarah. Ciri-cirinya adalah ayat-ayatnya yang berisikan pengenalan tawhid atau terdapat panggilan “wahai manusia”. Adapun surat Madaniyah adalah surat Al-Qur’an yang diturunkan pada Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam setelah beliau berhijrah ke Al-Madinah Al-Munawwarah, walaupun turunnya ketika beliau sedang berada di Makkah. Ciri-cirinya adalah ayat-ayatnya yang berisikan tentang hukum, baik hukum tata cara beribadah maupun hukum sosial atau perdata.

Surat Al-Fatihah berisi tujuh ayat dimulai dari basmalah sebagai ayat pertama. Namun ada pula yang berpendapat bahwa basmalah bukan termasuk ayat surat Al-Fatihah, maka menurut pendapat ini, ayat pertama surat Al-Fatihah adalah hamdalah, dan ayat ketujuh adalah ghairil maghdhuubi dan seterusnya. Masing-masing pendapat memiliki landasan yang otentik, maka kita tidak perlu merasa paling benar dan fanatik dengan madzhab yang kita anut, demi menghargai pendapat orang lain, toh, kenyataanya, mereka juga tidak pernah meninggalkan basmalah, walaupun tidak dibaca keras pada shalat jahriyah (shalat yang disunnahkan untuk membaca fatihah dan surat lainnya dengan keras, yaitu shalat mahgrib, isya’ dan shubuh).

Ayat basmalah.
Ayat pertama adalah
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمـنِ الرَّحِيْمِ
 “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Penyayang.”

Ayat ini disebut dengan Basmalah. Menurut sebagian pendapat, seperti Madzhab Al-Maliki, Basmalah bukan termasuk ayat Al-Fatihah. Melainkan hanya disunnahkan untuk membacanya mengawali setiap surat Al-Qur’an, dan ada pula yang mengatakan bahwa Basmalah adalah ayat tersendiri sebagai pemisah setiap surat Al-Qur’an. Maka menurut madzhab ini, ayat pertama surat Al-Fatihah adalah Hamdalah, sehingga ketika shalat jahriyah, Basmalah tidak dibaca dengan suara keras, melainkan dibaca dengan suara pelan. Dan menurut pendapat ini, ayat ketujuh surat Al-Fatihah adalah “ghairil maghdhuubi ‘alaihim waladh-dhaalliin”, sementara ayat keenam hanya “shiraathal ladziina an’amta ‘alaihim”.

Menurut yang menganggap Basmalah sebagai bagian dari surat Al-Fatihah, Basmalah adalah pembuka sekaligus induk daripada surat Al-Fatihah. Al-Imam An-Nasfi, didalam kitab tafsirnya, meriwayatkan bahwa intisari daripada semua kitab-kitab Allah ‘Azza wa-Jalla yang pernah diturunkan ke bumi itu berada pada kitab Al-Qur’an, sedangkan intisari daripada semua isi Al-Qur’an berada pada surat Al-Fatihah, dan intisari daripada surat Al-Fatihah berada pada ayat basmalah.

Ayat basmalah memiliki arti sebuah ungkapan pengagungan terhadap Allah ‘Azza wa-Jalla, dengan menyinggung sifat pengasih dan penyayang Allah ‘Azza wa-Jalla yang berdampak pada wujudnya alam semesta, dimana pada ayat itu terdapat penyifatan Allah ‘Azza wa-Jalla dengan Ar-Rahman dan Ar-Rahim, yang oleh kebanyakan ulama ditafsirkan bahwa Ar-Rahman itu artinya Pencurah kasih sayang secara universal, yakni penciptaan dan pemeliharaan terhadap semua makhluk tanpa terkecuali, sedangkan Ar-Rahim artinya Pencurah kasih sayang secara khusus, yakni buat orang-orang beriman, seperti mengkaruniakan nikmat khusyu’ yang sedang kita bicarakan ini. 

Maka, pembacaan basmalah, sebagai khithab dan ungkapan kepada Allah ‘Azza wa-Jalla, akan bermaksud memuji Allah ‘Azza wa-Jalla sebagai Pencipta segalanya, seolah-olah si pembaca berkata, “ya Allah, dariMulah segala sesuatu bermula, karena Engkaulah Pencipta segalanya”. Dari itu basmalah disunnahkan untuk selalu dibaca pada setiap kita memulai sesuatu yang baik, karena pada hakikatnya segala sesuatu, termasuk perbuatan kita, itu adalah ciptaan Allah ‘Azza wa-Jalla. Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:

كُلُّ أَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لاَيُبْدَأُ فِيْهِ بِبِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ فَهُوَ أَقْطَعُ

“Setiap pekerjaan baik yang tidak dimulai dengan membaca basmalah, maka pekerjaan itu cacat (tidak sempurna).”  (Al-Hadits, riwayat Al-Khathib dari Abu Hurairah)

Ayat hamdalah.
Ayat kedua adalah ..
الْحَمْدُ للهِِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ
“Segala puji bagi Allah Tuhan sekalian alam.”

Ayat ini disebut dengan Hamdalah. Secara ungkapan, hamdalah (bacaan alhamdu lillah) identik dengan pemujaan yang didasari oleh rasa syukur dan terimakasih atas semua karunia Allah ‘Azza wa-Jalla. Dari itu, kita disunnahkan untuk selalu membaca hamdalah pada setiap selesai mengerjakan sesuatu, untuk berterimakasih kepada Allah ‘Azza wa-Jalla atas karunia dan pertolongan-Nya sehingga kita dapat menyelesaikan pekerjaan itu.

Namun dalam hal penyifatan Allah ‘Azza wa-Jalla, hamdalah sangat erat hubungannya dengan basmalah, karena penyifatan Allah dengan “Rabbil ‘alamin” yang maksudnya adalah Pemelihara alam semesta, merupakan kelanjutan daripada penyifatan dengan Ar-Rahman Ar-Rahim yang maksudnya adalah Pencipta alam semesta. Dari itu, dalam banyak hal, hamdalah juga disunnahkan untuk selalu dibaca sebagai pembukaan, misalnya pada khuthbah. Bahkan dalam hal ini, konteks kesunnahan hamdalah tidak berbeda dengan basmalah, dimana Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam juga bersabda:

كُلُّ أَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لاَيُبْدَأُ فِيْهِ بِالْحَمْدُ للهِِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ فَهُوَ أَقْطَعُ

Setiap pekerjaan baik yang tidak dimulai dengan hamdalah, maka pekerjaan itu cacat.” (Al-Hadits, riwayat Abu Dawud dan Ibnu Majah)

Ayat ketiga.
Ayat ketiga berbunyi;
الرَّحْمـنِ الرَّحِيْمِ
 “Yang Maha Pengasih lagi Penyayang.”

Pada ayat ketiga ini terdapat pengulangan penyifatan, yaitu Ar-Rahman Ar-Rahim yang telah disebut pada ayat pertama (basmalah). Hal ini untuk menghadirkan kembali kesan kemurahan dan kasih sayang Allah ‘Azza wa-Jalla, setelah kita melewati ketegangan suasana khauf pada ayat sebelumnya, agar hati kita kembali pada suasana raja’, karena bagian daripada ibadah, termasuk shalat, itu memang mengarah pada perputaran antara isyarat raja’ dan khauf.

Ayat keempat.
Ayat keempat adalah..
مـلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ
 “Raja di hari pembalasan.”

Ayat keempat ini merupakan penutup dari ketiga ungkapan sebelumnya, yakni khususnya dalam surat Al-Fatihah, atau pada saat kita berdiri sebelum ruku’ dalam shalat. Artinya, setelah kita mengingat akan semua karunia dan kebaikan Allah ‘Azza wa-Jalla, kitapun ingat bahwa semua kebaikan itu akan dipertanyakan oleh allah ‘Azza wa-Jalla, kelak pada hari pembalasan.

Ayat kelima.
Ayat kelima adalah..
إَيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ
 “Hanya kepada-Mu kami menyembah, dan hanya kepada-Mu kami memohon pertolongan.”

Ayat kelima berisi suatu pernyataan yang merupakan dampak dari pengakuan-pengakuan yang terdapat pada keempat ayat sebelumnya. Pada ayat ini kita menyatakan kepada Allah ‘Azza wa-Jalla, bahwa setelah menyadari sifat-sifat Allah ‘Azza wa-Jalla itu, maka kitapun hanya akan menyembah kepadaNya, semata dan senantiasa. Dan karena menyadari bahwa tanpa taufiq (pertolongan) dan hidayah (petunjuk) Allah ‘Azza wa-Jalla, kita tidak mungkin dapat mengenal dan mengabdi kepada-Nya dengan baik, maka kitapun memohon pertolongan kepada allah ‘Azza wa-Jalla untuk itu, sebagaimana pada ayat berikutnya.

Ayat keenam.
Ayat keenam adalah..
إِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ
 “Tunjukkanlah kami ke jalan yang lurus.”

 Ditafsiri oleh ayat berikutnya.

Ayat ketujuh.
Ayat terakhir adalah..
صِرَاطَ الَّذِيْنَ أنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَالضَّالّيْنَ
 “Jalan orang-orang yang telah Engkau karuniai, bukan jalan orang-orang yang Engkau murkai dan bukan pula orang-orang yang tersesat.”

Seperti yang baru saja saya singgung, bahwa ayat ketujuh ini merupakan tafsiran mengenai jalan lurus yang kita dambakan, maka ayat ini menyebutkan jalan siapa yang kita inginkan, yaitu jalan orang-orang yang telah dikaruniai oleh Allah ‘Azza wa-Jalla, yakni para Nabi, syuhada (orang-orang mati syahid), para kekasih Allah dan orang-orang shaleh. 

Kemudian kita menambahkan dengan memohon perlindungan dari jalan orang-orang yang dimurkai oleh Allah ‘Azza wa-Jalla, yaitu orang-orang yang suka merubah hukum-hukum-Nya, yang oleh kebanyakan ulama ahli tafsir diisyaratkan pada orang yahudi. Dan juga memohon perlindungan dari jalan orang-orang sesat, yang mudah meyakini sesuatu walaupun meragukan dan tanpa landasan pasti, yang oleh kebanyakan Ulama ahli tafsir diisyaratkan pada orang nasrani, dimana mereka menyatakan ketuhanan Nabi Isa, padahal pada saat penyaliban Yahudza, yang menurut mereka adalah Isa, mereka sebenarnya ragu bahwa yang mereka salib itu adalah benar-benar Isa, karena walaupun wajah Yahudza oleh Allah ‘Azza wa-Jalla telah dirubah menjadi persis wajah nabi Isa, akan tetapi tubuhnya tetap tubuh Yahudza yang lebih tinggi dari Nabi Isa. Orang-orang Nasrani tetap bersikeras dengan keyakinannya, padahal keyakinan itu bermula pada hal yang diragukan. Hal seperti inilah yang kita mintai perlindungan Allah ‘Azza wa-Jalla daripadanya.

Membaca amin.
Disunnahkan membaca amin setelah rampung membaca Surat Al-Fatihah, terlebih bagi makmum shalat maka disunnahkan untuk membaca amin bersamaan dengan imam dan dengan suara yang keras, dengan maksud mengamini doa pada akhir surat Al-Fatihah tersebut. Adapun arti daripada amin adalah: “Kabulkanlah doa ini, ya Allah”. 

Rasulullah Shallallaahu ‘alai wasallam bersabda:

مَا حَسَدَتْكُمُ اليَهُوْدُ عَلى شَيْءٍ مَا حَسَدَتْكُم عَلى السَّلاَمِ وَالتَّأْمِيْنِ

“Orang-orang Yahudi tidak merasa iri terhadap kalian karena suatu apapun, sebagaimana mereka merasa iri karena kalian mengucapkan salam dan mengucapkan amin.” (Al-Hadits, riwayat Ibnu Majah)

Yakni mereka iri karena kita telah membudayakan mengucapkan salam serta kompak didalam membaca “amin” pada saat shalat. Apalagi, selain hal itu menunjukkan kekuatan ukhuwah islamiah dan kekompakan kita, kekompakan didalam membaca amin pada saat shalat juga sangat besar pahalanya. Rasulullah Shallallaahu ‘alai wasallam bersabda:

إِذَا أَمَّنَ الإِمَاُم فَأَمِّنُوْا فَإِنَّهُ مَنْ وَافَقَ تَأْمِيْنَهُ تَأْمِيْنَ الْمَلاَئِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
 .
“Apabila Imam membaca amin, maka bacalah amin olehmu. Karena barang siapa yang bacaan aminnya bersamaan dengan aminnya Malaikat, maka diampunilah yang telah lalu dari dosanya.” (Al-Hadits, riwayat Al-Bukhari)

Yakni Malaikat turut beramin bersama-sama dengan aminnya imam, sehingga barang siapa yang membaca amin bersama imam maka berarti bersamaan juga dengan aminnya Malaikat, dan keutamaan beramin bersama Malaikat adalah ampunan.

Kaitan makna Al-Fatihah dengan shalat.

Telah kita singgung bahwa bagian-bagian daripada ibadah, termasuk shalat, itu mengarah pada perputaran antara raja’ dan khauf. Maka makna surat Al-Fatihah dan bagian-bagian shalat memiliki kesamaan arah ungkapan. Hanya saja, makna surat Al-Fatihah berwujud isyarat, sementara bagian-bagian shalat berwujud sikap. Untuk lebih jelasnya perhatikanlah berikut ini;

a.       Pada Ayat pertama, seperti yang kita bicarakan pada bab tafsir basmalah, ayat ini mengisyaratkan kesan kasih sayang Allah ‘Azza wa-Jalla yang dapat menghadirkan suasana raja’. Maka hal ini sama dengan bagian shalat pada sikap pertama, yaitu ketika berdiri membaca doa iftitah dan seterusnya, pada saat itu penampakan Allah ‘Azza wa-Jalla yang terkesan oleh peshalat adalah sifat kemu-rahan dan kasih sayang-Nya, sehingga si peshalat kemudian berani merajuk dan berikrar janji pada Allah ‘Azza wa-Jalla, dengan mengatakan “sesun-gguhnya shalat dan semua ibadahku, hidup dan matiku, hanya untukMu, Ya Allah”.

b.      Pada Ayat kedua, seperti yang kita bicarakan pada bab tafsir hamdalah, ayat ini mengisyaratkan kebesaran dan kewibawaan Allah ‘Azza wa-Jalla yang dapat menghadirkan suasana khauf. Maka hal ini sama dengan bagian shalat pada sikap kedua, yaitu ketika berruku’ memuja dan menyu-cikan Allah ‘Azza wa-Jalla, pada saat itu penam-pakan Allah ‘Azza wa-Jalla yang terkesan oleh peshalat adalah sifat keagungan dan wibawa-Nya, dari itu si peshalat kemudian tertunduk dan terbungkuk dalam ruku’, dan hanya berani berkata “Maha Suci Tuhanku Yang Maha Agung”.

c.       Pada Ayat ketiga, seperti yang kita bicarakan pada bab tafsirnya, ayat ini kembali mengisyaratkan kesan kasih sayang Allah ‘Azza wa-Jalla yang dapat menghadirkan suasana raja’. Maka hal ini sama dengan bagian shalat pada sikap ketiga, yaitu ketika berdiri dari ruku’ yang kita sebut dengan i’tidal, pada saat itu penampakan Allah ‘Azza wa-Jalla yang terkesan oleh peshalat adalah sifat kemurahan dan kasih sayangNya, sehingga si peshalat kemudian berani merajuk dan mempersembahkan pujian puitis berbunyi “segala puji bagiMu, sebanyak isi langit dan bumi, bahkan sebanyak apapun Yang Engkau Kehendaki”.

d.      Pada Ayat keempat, seperti yang kita bicarakan pada bab tafsirnya, ayat ini kembali mengisya-ratkan kesan keagungan dan keperkasaan Allah ‘Azza wa-Jalla yang dapat menghadirkan suasana khauf, dengan penampakan yang lebih hebat daripada ayat kedua, karena pada ayat ini Allah ‘Azza wa-Jalla menyinggung hebohnya hari pembalasan. Maka hal ini sama dengan bagian shalat pada sikap keempat, yaitu ketika bersimpuh bersujud, sikap tawadhu’ dan takut yang melebihi ketika ruku’, pada saat itu penampakan Allah ‘Azza wa-Jalla yang terkesan oleh peshalat adalah sifat adil dan perkasaNya, dimana Allah ‘Azza wa-Jalla akan membalas semua perbuatan hamba-hambaNya, termasuk menyiksa para pendosa. Dari itu, si peshalat kemudian hanya berani berkata “Maha Suci Tuhanku, Yang maha teramat tinggi”.

e.       Pada Ayat kelima, seperti yang kita bicarakan pada bab tafsirnya, ayat ini mengisyaratkan kesan kasih sayang Allah ‘Azza wa-Jalla yang dapat menghadirkan suasana raja’, namun masih tersisa suasana khauf yang terdapat pada ayat sebelum-nya. Maka hal ini sama dengan bagian shalat pada sikap kelima, yaitu ketika duduk antara dua sujud, pada saat itu penampakan Allah ‘Azza wa-Jalla yang terkesan oleh peshalat adalah sifat kemurahan dan kasih sayang-Nya, namun suasana sujud masih membekas dihatinya, sehing-ga walaupun si peshalat berani berdoa, akan tapi ia memulai doanya dengan “Robbighfirlii”, memohon ampunan kepada Allah ‘Azza wa-Jalla

f.        Pada ayat keenam dan ketujuh, seperti yang kita bicarakan pada bab tafsirnya, kedua ayat ini merupakan kelanjutan dari ayat sebelumnya, yaitu melanjutkan doa dan permohonan untuk mengisi suasana raja’. Maka hal ini sama dengan bagian shalat yang terakhir, yaitu ketika membaca tahiyyat dan seterusnya, yang berisi doa-doa dengan menyinggung orang-orang yang telah dikaruniai oleh Allah, seperti Nabi dalam kalimat “assalaamu ‘alaika ayyuhan Nabiy” (salam bagimu, wahai Nabi), dan kalimat “wa’alaa ‘ibaadil laahish shaalihiin” (dan salam bagi hamba-hamba Allah yang shaleh). Kemudian, pada tahiyyat ini pula, si peshalat menyinggung musuh-musuh Allah dengan mambaca ta’awwudz (meminta perlin-dungan dari godaan syetan). Maka hal ini sama persis dengan doa dalam ayat keenam dan ketujuh, yang menyinggung Nabi dan orang-orang shaleh dalam kalimat “alladziina an’amta dst.”, dan menyinggung musuh-musuh Allah dalam kalimat “ghairil maghdhuubi.. dst.”.

Demikianlah, betapa surat Al-Fatihah dan bagian-bagian shalat itu memiliki kesamaan yang nyata. Maka pantaslah kalau Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda’ “Tiada shalat tanpa Ummul-kitab”.

Dialog Allah dengan hambaNya

Dalam pembacaan surat Al-Fatihah, terjadi sebuah dialog antara seorang hamba dengan Tuhannya, walaupun memang tidak banyak dari mereka yang sadar dan merasa terlibat dalam dialog itu. Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:

قَالَ تَعَالى: قَسَّمْتُ الصَّلاَةَ بَيْنِيْ وَبَيْنَ عَبْدِيْ نِصْفَيْنِ، وَلِعَبْدِيْ مَا سَأَلَ. فَإِذَا قَالَ الْعَبْدُ؛ الْحَمْدُ للهِ رَبّ الْعَالَمِيْنَ، قَالَ اللهُ تَعَالى؛ حَمِدَنِيْ عَبْدِيْ، فَإِذَا قَالَ الْعَبْدُ؛ الرَّحْمـنِ الرَّحِيْمِ، قَالَ اللهُ تَعَالى؛ أَثْنى عَلَيَّ عَبْدِيْ، فَإِذَا قَالَ الْعَبْدُ؛ مَالِكِ يَوْمِ الدّيْنِ، قَالَ اللهُ تَعَالى؛ مَجَّدَنِيْ عَبْدِيْ، فَإِذَا قَالَ الْعَبْدُ؛ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ، قَالَ اللهُ تَعَالى؛ هذَا بَيْنِيْ وَبَيْنَ عَبْدِيْ وَلِعَبْدِيْ مَا سَأَلَ، فَإِذَا قَالَ الْعَبْدُ؛ إِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ صِرَاطَ الَّذِيْنَ أنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَالضَّالِّيْنَ،َ قَالَ اللهُ تَعَالى؛ هذَا لِعَبْدِيْ وَلِعَبْدِيْ مَا سَأَل
.
“Allah Ta’aalaa berfirman; Kubagi shalat itu menjadi dua bagian, antara bagaianKu dan bagian hambaKu. Apabila hamba itu berkata, ‘Alhamdu lillaahi rabbil’aalamiin’ (segala puji bagi Allah), maka Allah Ta’aalaa berkata, ‘hambaKu telah memujaku’. Apabila hamba itu berkata, ‘Arrahmaanir rahiim’ (Yang Maha pengasih lagi Penyayang), maka Allah Ta’aalaa berkata, ‘hambaKu telah memujiKu’. Apabila hamba itu berkata, ‘Maaliki yaumid diin (Yang Menguasai hari pembalasan)’, maka Allah Ta’aalaa berkata, ‘hambaKu telah menga-gungkan Aku’. Apabila hamba itu berkata, ‘Iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin’(kepadaMu kami menyembah dan kepadaMu kami memohon pertolongan), maka Allah Ta’aalaa berkata, ‘ini adalah bagian antara Aku dan hambaKu, dan bagi hambaKu apapun yang ia minta’. Apabila hamba itu berkata, ‘Ihdinash shiraa-thal mustaqiim dst.’ (Tunjukkan-lah aku ke jalan yang lurus dst.), maka Allah ‘Azza wa-Jalla berkata, ‘ini adalah bagian hambaKu, dan baginya apapun yang ia minta’.” 

Hadits ini diriwayatkan oleh Al-Imam Muslim, Al-Imam Abu Dawud dll. Hadits ini disebut Hadits Qudsiy, yaitu sabda Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam yang meriwayatkan firman Allah ‘Azza wa-Jalla (firman selain Al-Qur’an).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar