Apabila ada penurunan prestasi akademik pada peserta didik, maka bisa dilihat
beberapa faktor di bawah ini:
A.
Faktor
Internal
1. Tingkat Kecerdasan, anak dengan tingkat kecerdasan
yang tinggi, umumnya lebih mampu dan cepat dalam menyerap materi pelajaran.
2. Kematangan Fisik; kematangan memberikan kondisi
dimana fungsi-fungsi fisiologis termasuk sistem syaraf dan fungsi otak menjadi
berkembang. Hal ini akan meningkatkan kapasitas mental dan mempengaruhi
keberhasilan belajar peserta didik.
3. Usia Kronologis (Cronilogical Age); Individu yang
lebih tua cenderung lebih kuat dan lebih sanggup melaksanakn tugas-tugas yang
lebih berat. Lebih mampu menggerakan energi dan perhatiannyadalam waktu yang
lebih lama, serta ingatan yang lebih baik.
4. Kondisi Fisik;Anak dengan kondisi fisik sehat akan
belajar lebih optimal.
5. Kondisi Mental (Psikologis); Kondisi mental yang
tertekan,frustasi, sakit, sedih,atau putus asa akan sangat mempengaruhi suasana
belajar siswa.
6. Pengalaman Sebelumnya; Bila siswa sebelumnya sudah
belajar untuk materi yang akan diajarkan esok harinya,cenderung lebih siap
dalam menrima pelajaran.
7. Motivasi; Berhubungan dengan kebutuhan dan tujuan
yang akan dicapai dalam kegiatan belajar. Hal ini dikarenakanmotivasi akan
mendorong, menggerakan, mengerahkan atau mengubah tindakan serta tujuan
belajar.
B.
Faktor
Eksternal
1. Suasana lingkungan.
2. Bimbingan pihak lain dalam kegiatan belajar.
3. Reward.
4. Punishment.
Source : Psikologi Plus,Edisi Desember 2008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar