Welcome to My Blog

Kamis, 14 Juni 2012

KEUTAMAAN MENDOAKAN ORANG LAIN / SAUDARA SE-IMAN


Bismillahirrahmannirahim,

Rasulullah shallahu alaihi wasalam bersabda :

" Sesungguhnya Doa orang Muslim untuk saudaranya (sesama muslim) dari tempat yang jauh (tanpa diketahuinya) akan dikabulkan. " (HR. Muslim)

.... Dan di atas orang yang berdo’a ada malaikat yang mewakili setiap seorang muslim mendo’akan saudaranya pada kebaikan, maka malaikat yang mewakili itu berkata: "doa kebaikan serupa Juga untukmu ". (HR. Muslim)

Dari Fatimah az-Zahra diceritakan :

Suatu ketika Hasan bin Ali terbangun tengah malam dan melihat ibunya, Fatimah az-Zahra, sedang khusyu’ berdoa. Hasan yang penasaran ingin tahu apa yang diminta ibunya dalam doanya berusaha untuk menguping. Namun Hasan agak sedikit kecewa, karena dari awal hingga akhir doanya, ibunya, hanya meminta pengampunan dan kebahagian hidup untuk seluruh kaum muslimin di dunia dan di akhirat kelak. ...

Selesai berdoa, segera Hasan bertanya kepada ibunya perihal doanya yang sama sekali tidak menyisakan doanya untuk dirinya sendiri. Ibunya tersenyum, lalu menjawab bahwa apapun yang kita panjatkan untuk kebahagiaan hidup kaum muslim, hakekatnya, permohonan itu akan kembali kepada kita. Sebab para malaikat yang menyaksikan doa tersebut akan berkata : “Semoga Allah mengabulkanmu dua kali lipat.”

Subhanallah ..

Dari Uwais al Qarni juga dikisahkan :
Sahabat Nabi ini di siang hari, ia bekerja keras, dan dimalam hari, ia asyik bermunajat kepada Allah SWT. Hati dan lisannya tidak pernah lengah dari berdzikir dan bacaan ayat-ayat suci al-Qur’an.
Meskipun ia sedang bekerja. Ala kulli hal, ia selalu berada bersama Tuhan, dalam pengabdian kepada-Nya.

Rasulullah saw menuturkan keistimewaan Uwais al Qarni di hadapan Allah kepada Umar, ra dan Ali, bahwa dihari kiamat nanti, disaat semua orang dibangkitkan kembali, Uwais akan memberikan syafaat kepada sejumlah besar umatnya, sebanyak jumlah domba yang dimiliki Rabbiah dan Mudhar (keduanya dikenal karena mempunyai domba yang banyak).

Karena itu, Rasulullah menyarankan kepada mereka berdua agar menemuinya, menyampaikan salam dari Rasulullah, dan meminta keduanya untuk mendoakan keduanya.

Kemudian Umar dan Ali menemui sahabat Uwais dan berkata :
" Wahai sahabat , setelah kami perhatikan, andalah orang yang pernah diceritakan oleh Rasulullah SAW kepada kami. Doakan kami dan berilah kami nasehat agar kami beroleh kebahagiaan dunia dan di akherat kelak.

Kemudian Uwais menjawab : " Sesungguhnya saya tidak pernah mendoakan seseorang secara khusus. Setiap hari saya selalu berdoa untuk seluruh umat Islam.

Subhanallah .. Maha Suci Allah ..
Semoga Allah memberi ampunan, karunia , rahmat dan Cinta Nya (dunia & akhirat) bagi kita, keluarga kita, orang tua kita, teman-teman kita, dan seluruh umat muslim dimanapun berada ..

Shalawat serta salam semoga Allah limpahkan bagi Nabi Muhammad kekasih Allah beserta keluarga, para Nabi , dan sahabat Rasul serta alim ulama.

Aamiin ya Robbal alamin ..

Wallahu a'lam bishawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar