Welcome to My Blog

Minggu, 17 Juni 2012

Belajar dari karakter yang ada di Primary Years Program IB program





Karakter yang ada di kerangka kerja IB milik organisasi International Baccalaureate menarik untuk dicermati. Sekolah saya adalah sekolah yang memilih untuk menggunakan kerangka kerja Primary years program untuk tingkat TK dan SD. Salah satu hal yang menarik adalah istilah Learner Profile dan attitude yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah Profil pembelajar dan Sikap yang diinginkan oleh kerangka kerja IB sebagai hasil dari pembelajaran yang dilakukan. Silahkan membaca penjelasan dibawah ini
PYP STUDENT PROFILE
Caring                                                            
I care for other people.
I try to help others.
Peduli
Saya peduli pada orang lain.
Saya mencoba untuk menolong orang lain  
                                                               
Principled                                                     
I always try to do what is right.
I always do what I say I will do.      
Memiliki Prinsip
Saya selalu melakukan hal yang benar.
Saya selalu menepati janji saya.
                                               
Thinker         
I practice thinking skills. I like to solve problems.
Pemikir            
Saya suka berpikir.
Saya suka memecahkan masalah.
                                                                       
Reflective                                                      
I think about what I have learned.
I think about what I can do to make it better
the next time.
Reflektif            
Saya memikirkan kembali tentang apa yang telah saya
lakukan. Saya memikirkan kembali bagaimana untuk
mengerjakan sesuatu lebih baik lagi.
                                                           
Inquirer                                                        
I ask questions. I like to learn.
Ingin Tahu                    
Saya suka bertanya.
Saya suka belajar.                                               
                                                           
Communicator
I listen to other people when they speak.
I can speak and write clearly so that
other people can understand me.  
Komunikator     
Saya menyimak saat orang lain berbicara.
Saya menyampaikan pesan secara lisan dan tulisan
dengan jelas sehingga orang lain mengerti.
                                                                       
Open Minded                                               
I listen to other people.
I Know that other people do things differently to me.    
Berpikir Terbuka
Saya menghargai pendapat orang lain. Saya tahu bahwa orang lain melakukan hal yang berbeda dengan saya.
                                               
Risk Takers                                       
I’m confident to try new things. I’m not afraid or shy.
Berani Mengambil Resiko
Saya berani mencoba hal-hal baru.
Saya tidak takut atau malu.
                                                           
Well Balanced                                               
I can do many things. I like to learn about lots of different things.
Berimbang                    
Saya dapat melakukan banyak hal.
Saya senang dengan hal-hal baru yang berbeda.
 
Knowledgeable                                            
I have learned many things.
I can tell you about these things.
Berpengetahuan              
Saya telah belajar banyak hal.
Saya bisa mengatakan pada orang lain apa yang saya
pelajari.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar