Welcome to My Blog

Kamis, 14 Juni 2012

D.O.A

Rasulullah SAW mengajarkan DOA, “Ya Allah, sungguh aku BERLINDUNG dengan-Mu dari KERESAHAN dan KESEDIHAN, dan aku BERLINDUNG dengan-Mu dari KELEMAHAN dan KEMALASAN, dan aku BERLINDUNG dengan-Mu dari SIFAT PENGECUT dan SIFAT BAKHIL, aku BERLINDUNG dengan-Mu dari TERLILIT HUTANG dan PAKSAAN ORANG.” (HR Abu Dawud & Baihaqi)

RESAH dan SEDIH adalah SEPASANG. PERKARA yang TIDAK DISUKAI di dalam HATI yang BERKENAAN dengan suatu yang AKAN TERJADI akan MEMUNCULKAN RASA RESAH. Jika PERKARA itu TELAH TERJADI, ia disebut dengan KESEDIHAN.

KELEMAHAN dan KEMALASAN merupakan PASANGAN. Apabila seorang hamba TIDAK BERHASIL dalamMENDAPAT KEBAIKAN dan KEBERUNTUNGAN karena KETIADAAN KEMAMPUANNYA, berarti ia LEMAH. Dan, bila hal itu DISEBABKAN oleh KETIADAAN TEKAD dalam DIRINYA, maka ia disebut dengan MALAS.

SIFAT PENGECUT dan SIFAT BAKHIL (KIKIR), keduanya juga SEPASANG. Kalau seseorang TIDAK DAPAT MELAKUKAN hal yang BERMANFAAT dengan MENGGUNAKAN TUBUHNYA, ia disebut PENGECUT. Namun, kalau dia TIDAK DAPAT MENGGUNAKAN HARTANYA dalam KEMANFAATAN, ia disebut BAKHIL.

TERLILIT HUTANG dan PAKSAAN ORANG juga SEPASANG. Bilamana seseorang DIKUASAI ORANG LAIN dengan JALAN yang BENAR, ia disebut TERLILIT HUTANG. Bilamana itu TERJADI dengan JALAN yang BATIL, berarti ia TERTINDAS [oleh PAKSAAN ORANG].

(Ibnu Qayyim Al-Jauziyah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar