Welcome to My Blog

Jumat, 16 Maret 2012

Ketahuilah munculnya angan angan yang muluk muluk itu ada dua hal:

1. Cinta kepada dunia.
Jika manusia sudah menyatu dengan dunia,kenikmatan dan belenggunya maka hatinya akan merasa berat untuk berpisah dengan dunia, sehingga didalam hatinya tidak terlintas pikiran tentang mati, padahal kematianlah yang akan memisahkannya dengan dunia. sehingga pikirannya hanya terpusat pada hal hal itu sehingga ...lalai mengingat mati dan tidak membayangkan kedekatan kematiannya, angan angannya akan terus membumbung tinggi karena dia lupa bahwa dia akan mati dan berpisah dengan semua yang ada di dunia ini.

2. Kebodohan.
Seorang yang masih muda menganggap bahwa kematian masih lama menghampirinya karena dia masih muda. mereka tertipu dengan kesehatannya dan tidak tahu bahwa kematian bisa mendatanginya secara tiba tiba, sekalipun dia menganggap kematian masih lama bisa saja dia tertimpa penyakit secara tiba tiba yang membuat kematian menjadi dekat dengannya.

Andai dia mau berfikir dan menyadari bahwa kematian itu tidak mempunyai waktu yang pasti siang atau malam, tidak terikat dengan umur tertentu muda atau tua, maka dia akan mengganggap serius urusan kematian ini dan akan bersiap siap untuk menyongsongnya, dan dia akan mengendalikan semua angan angan tentang kehidupan dunia yang terlalu berlebihan.

“Katakanlah, ‘Sesungguhnya kematian yang kamu Iari dari padanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu.” (Qs. Al-Jumu’ah: 8).

“Aku tinggalkan dua pemberi peringatan di tengah-tengah kalian, yang diam dan dapat berbicara. Yang diam adalah maut, sedangkan yang berbicara adalah Al-Qur’an.” (Al-Hadits).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar