Welcome to My Blog

Sabtu, 31 Maret 2012

Keutamaan Istighfar

Bismillahirrahmaanirrahiim

Kemuliaan istighfar :

1. Allah memuji Al-Mustaghfirin (mereka yg selalu beristighfar)
... "(yaitu) orang-orang yg sabar, yg benar, yang tetap taat, yg menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yg memohon ampun di waktu sahur" (QS Ali-`Imron 17)

2. Rosulullah selalu beristighfar.
"Demi Allah Aku beristighfar dan bertaubat kepada-NYA seratus kali dalam sehari." (HR. Bukhari)

3. Istighfar merupakan syiar para Anbiyaullah, tidak ada seorang nabipun yang tidak beristighfar dan selalu mengajak umatnya untuk beristighfar, Nabi Adam dan Siti Hawa beristighfar atas dosa yang telah mereka perbuat.

"Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi" (QS Al-'Araf 23).

BENTUK ISTIGHFAR

1. اللهم أنت ربي لاإله إلا أنت خلقتني, وأنا عبدك,وأنا علي عهدك
ووعدك مااستطعت, أعوذبك من شر ماصنعت,أبوء بنعمتك علي, وأبوء
بذنبي,فاغفرلي, فإنه لا يغفر الذنوب إلا أنت
2. أستغفرالله الذي لاإله إلا هو وأتوب إليه
3. رب اغفرلي وتب علي إنك أنت التواب الرحيم
4. سبحان الله و بحمده و أتوب إليه
5. أستغفرالله, أستغفرالله
6. اللهم اغفرلي
7. غفرانك,غفرانك
8. أستغفرالله الذي لاإله إلاهو الحي القيوم, وأتوب إليه
Jika diperuntukkan untuk orang lain :
9. رب اغفرلي ولوالدي, ربنااغفرلنا ولإخواننا الذين سبقونا بالإيمان
ولا تجعل في قلوبناغلا للذين آمنوا ربنا إنك رؤوف رحيم

FAEDAH ISTIGHFAR

1. Menghapus dosa

"Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha
Penyayang" (QS An-Nisa 110)

Dalam hadist qudsi Allah berfirman : "Wahai Hamba-hamba-KU, Sesungguhnya kalian selalu berbuat dosa malam dan siang, dan AKU mengampuni semuanya, jika kalian mohon ampunan kepada-KU, Aku akan mengampuni"

2. Akan mendapatkan rasa aman dari azab baik secara khusus maupun umum, Istighfar mengangkat azab bagi umat baik individu maupun kolektif, yang disebakan oleh dosa yang dilakukan, jika beristighfar dan beriman, Allah akan mengnampuninya.

"Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun " (QS al-Anfal 33)

3. Kenikmatan yang baik

"Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat" (QS. Huud 3)

4. Istighfar sebab bertambahnya kekuatan

"Dan (dia berkata): "Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa." (QS. Hud 52)

5. Menghilangkan kesusahan dan memudahkan rezeki

"Barang siapa yang selalu beristighfar, maka Allah akan menjadikan keluh kesah kegembiaran, kesempitan menjadi keleluasaan" (HR Ahmad & Abu Daud)

.......
Meringkas dari beberapa sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar