Welcome to My Blog

Jumat, 30 Maret 2012

Miracle of Bismillah

Bismillahir Rahmaanir Rahiim

Basmallah, adalah dzikir yang kerap kali kita lantunkan. Penggalan salah satu ayat dalam surat An Naml dan sebagai ayat pertama yang membuka surat Al Fatihah. Basmalah sebagai pembuka dari se...luruh surat-surat Al Qur'an kecuali surat At Taubah (Al Bara'ah).

:::::... Memulai Amalan Dengan Basmallah ...:::::

Basmallah, tersusun dari tiga kata:

بسم الله : ب -- اسم -- الله
'Dengan menyebut nama Allah". Para ulama menerangkan bahwasanya ucapan basmallah ini sangat berguna bagi seseorang yang hendak melakukan suatu amalan yang mulia. Agar mendapat bertabarruk (mencari barakah) dan mendapat tsawab (pahala) dan bermanfaat. Sebuah keistemewaan yang sering dicari dan diimpikan oleh kebanyakan orang.

:::::... Mengucapkan basmallah pada amalan-amalan yang bernilai, merupakan BIMBINGAN ALLAH KEPADA PARA NABI-NYA. Nabi Nuh ketika mengajarkan kepada umatnya membaca basmallah disaat berlayar atau berlabuh.

"Dan Nuh berkata: "Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya." Sesungguhnya Rabb-ku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS Hud 41)

:::::... Nabi Sulaiman ketika mengirim risalah dakwah kepada Ratu Saba' diawali pula dengan basmallah. "Sesungguhnya surat itu dari Sulaiman, dan sesungguhnya (isi)nya: "Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. (QS An Naml 30)

:::::... Sunnah Nabi Muhammad ketika wahyu pertama kali turun "Bacalah dengan (menyebut) nama Rabb-mu yang Menciptakan," (Al 'alaq: 1) Allah memerintahkan kepada Nabi Muhammad agar membaca kalamullah (Al Qur'an) dengan menyebut nama-Nya.

Barakah itu berasal dari Allah sebagaimana di tegaskan dalam firman-Nya :
“Jikalau penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah kami melimpahkan barakah dari langit dan bumi.” (QS Al A’raf 96)

:::::... Siapa yang kuasa melimpahkan barakah dari langit dan bumi? Tentu, adalah Penguasa Tunggal langit dan bumi yaitu Allah Rabbul 'alamin. Sehingga Nabi mengajarkan pula kepada umatnya untuk mencari barakah dengan menyebut-nyebut nama Allah yang terkandung dalam bacaan basmalah.

:::::... Ketika Rasulullah mengirim beberapa risalah dakwah ke negeri-negeri kafir seperti negeri Romawi. Beliau mengawali risalahnya dengan basmalah. Hal ini juga dipraktekkan oleh Khalifah Abu Bakar Ash Shiddiq. Ketika beliau menulis risalah tentang zakat yang ditujukan untuk penduduk negeri Bahrain, beliau memulainya dengan basmalah (HR Al Bukhari 1454).

Suatu pengajaran dan pembelajaran kepada umat manusia, bahwa barakah itu hanya milik Allah. Sehingga permohonan barakah itu hanya ditujukan kepada Allah semata. Bukan yang lain.

***


:::::... Barakah Bacaan Basmalah ...:::::

Allah telah memberikan berbagai cara dan jalan untuk membentengi diri dari gangguan setan, diantaranya dengan membaca basmalah.

:::::... Suatu ketika Usamah bin Umair dibonceng Nabi. Lalu ia mengatakan: "Celakalah setan." Maka Nabi menegurnya, janganlah kamu mengatakan "celakalah setan", karena jika kamu katakan seperti itu, justru setan akan semakin membesar (dalam riwayat lain sebesar rumah). Setan akan berkata: "Dengan kekuatanku, aku akan melumpuhkannya." Namun bila kamu mengucapkan basmalah, pasti setan akan semakin kecil hingga seperti lalat. (HR Ahmad 9/59, An Nasaa'i dalam Al Kubra 6/146, dan Abu Dawud 4330)


Dari Utsman bin Affan radhiallahu 'anhu berkata: "Rasulullah bersabda: "Barang siapa yang membaca:

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الأَرْضِ وَلا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

"Dengan menyebut nama Allah yang tidak akan bisa memudharatkan bersama nama-Nya segala sesuatu yang ada di langit dan di bumi. Dan Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui," pada setiap hari di waktu shubuh dan sore sebanyak tiga kali maka tidak akan memudharatkan baginya sesuatu apa pun." (HR At Tirmidzi 3310)

:::::... Dari shahabat Umayyah bin Makhsyi, ia menceritakan tentang seseorang yang sedang makan dan Nabi sedang duduk disekitarnya. Namun orang tadi lupa belum membaca basmalah hingga tidak tersisa kecuali sesuap saja. Ketika ia hendak memasukkan makanan tersebut kedalam mulutnya ia baru membaca:

بِسْمِ اللهِ في أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

"Dengan menyebut nama Allah di awal dan diakhirnya."

Melihat hal itu Nabi tertawa, seraya berkata: "Setan itu senantiasa ikut makan bersamanya, hingga ketika ia membaca basmalah maka dimuntahkan apa yang ada dalam perut setan tersebut." (HR Abu Dawud 3276)

***


Berikut ini beberapa perkara yang dianjurkan oleh Rasulullah untuk mengawalinya menyebut nama Allah subhanahu wata'ala:


:::::... 1. Ketika Hendak Tidur

Dari shahabat Hudzaifah berkata: "Kebiasaan (sunnah) Nabi ketika hendak tidur, beliau membaca:

بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوتُ وَأَحْيَا

"Dengan menyebut nama-Mu Ya Allah, aku mati dan aku hidup."
(HR Al Bukhari 6334 dan Muslim 2711 dengan redaksi yang sedikit berbeda)


:::::... 2. Ketika Keluar Dari Rumah

Dari Anas bin Malik berkata: "Sesungguhnya Nabi bersabda: "Bila seseorang keluar dari rumahnya, lalu ia membaca:

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ
"Dengan nama Allah, aku bertawakkal hanya kepada Allah, tiada daya dan upaya kecuali dengan izin Allah." Maka dikatakan padanya: "Engkau telah mendapat petunjuk, engkau tercukupi dan engkau telah terjaga (terbentengi)," sehingga para setan lari darinya. Setan yang lain berkata: "Bagaimana urusanmu dengan seseorang yang telah mendapat petunjuk, tercukupi, dan terbentengi?!" (HR Abu Dawud 4431)

Atau dengan membaca:

بِاسْمِكَ رَبِّي إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَزِلَّ أَوْ أَضِلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ

"Dengan nama-Mu Ya Rabb-ku, sesungguhnya aku berlindung Kepada-Mu jangan sampai aku salah atau sesat, menganiaya atau dianiaya, membodohi atau dibodohi." (HR Ahmad 26164, riwayat dari Ummul Mukminin Ummu Salamah)


:::::... 3. Ketika Masuk Kamar Mandi (WC)

Dari shahabat Ali bin Abi Thalib berkata: "Sesungguhnya Rasulullah bersabda:

سَتْرُ مَا بَيْنَ أَعْيُنِ الْجِنِّ وَعَوْرَاتِ بَنِي آدَمَ إِذَا دَخَلَ أَحَدُهُمْ الْخَلاَءَ أَنْ يَقُولَ بِسْمِ اللَّهِ

"Penutup antara pandangan-pandangan jin dengan aurat bani Adam ketika seseorang masuk wc adalah membaca basmalah." (HR At Tirmidzi 551)


:::::... 4. Ketika Hendak Makan

Dari Aisyah berkata: "Telah bersabda Rasulullah :

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ طَعَامًا فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ فَإِنْ نَسِيَ فِي أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ فِي أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

"Bila salah seorang diantara kalian makan maka hendaknya ia mengucapkan bismillah, bila ia lupa diawalnya, maka hendaknya ia membaca bismillah fi awwalihi wa akhirihi." (HR At Tirmidzi 1781)


:::::... 5. Ketika Hendak Berhubungan Dengan Istri

Dari shahabat Abdullah bin Abbas berkata: "Berkata Nabi : "Bila salah seorang diantara kalian menggauli istrinya, hendaknya ia berdo'a:

بِسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

"Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah, jauhkanlah setan dari kami dan jauhkanlah setan dari apa yang engkau rizkikan kepada kami. Bila Allah memberikan karunia anak kepadanya maka setan tidak akan mampu memudharatkannya." (HR At Tirmidzi 1012)


:::::... 6. Ketika Hendak Menyembelih

Disyari'atkan pula dalam penyembelihan hewan dengan membaca basmalah. Bahkan hukumnya bukan sekedar mustahab (anjuran) saja tetapi wajib. Rasulullah bersabda :

فَلْيَذْبَحْ عَلَى اسْمِ اللَّهِ

"Hendaknya menyembelih dengan (menyebut) nama Allah (basmalah)"
(HR Al Bukhari 5500)

"Maka sebelum menyembelih hewan hendaknya membaca : بِسْمِ اللَّهِ وَاللَّهُ أَكْبَرُ "
(HR Abu Dawud 2427)


:::::... 7. Ketika Hendak Memasukkan Jenazah ke Liang Kubur

Disunnahkan (dianjurkan) membaca :
بِسْمِ اللَّهِ وَعَلَى سُنَّةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

"Dengan menyebut nama Allah dan diatas sunnah Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam." (HR Abu Dawud 2798)


Demikian pula perkara-perkara lain dalam keseharian kita hendaknya juga diawali dengan membaca basmallah, insya ALLAH, barakallah, AAmiin



Tidak ada komentar:

Posting Komentar